Terapi Lintah

Lintah yang digunakan untuk pengobatan pun bukan sembarang lintah. Hanya lintah jenis hirudo saja yang dikembangkan dalam lingkungan khusus saja, yang bisa digunakan untuk terapi pengobatan, yaitu hirudo medicinalis, hirudo orientalis, hirudo troctina, dan hirudo verbana. Lintah jenis ini memiliki bekas gigitan berbentuk huruf Y, yang akan hilang sendiri tanpa meninggalkan bekas luka.

Kandungan dalam Air Liur Lintah
Apa keunggulan lintah yang membuatnya dapat digunakan sebagai metode penyembuhan? Apa benar manfaat lintah untuk tubuh manusia bisa diandalkan? Jawabannya, terletak pada air liurnya. Air liur lintah mengandung berbagai zat yang dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan tubuh. Zat-zat tersebut antara lain:

  1. Hirudin
    Zat yang mengandung 65 asam amino ini biasa digunakan pada operasi saraf-saraf kecil. Fungsinya adalah untuk menghambat pembekuan darah dan mengurangi tersumbatnya aliran darah.
  2. Histamine
    Zat histamine atau juga dikenal dengan sebutan bioamina ini pertama kali ditemukan oleh Dale dan Laidlaw pada 1910. Fungsi zat histamine dalam air liur lintah ini adalah untuk memperlebar pembuluh darah untuk menyalurkan zat hirudin, serta meningkatkan volume darah yang dihisap di area tersebut.
  3. Enzim Calin
    Enzim ini berfungsi untuk mencegah infeksi dan menyembuhkan luka. Dalam tubuh, enzim ini banyak terdapat pada darah, yang berfungsi sebagai penghambat pembekuan darah.
  4. Carboxypeptidase A Inhibitor
    Zat ini berfungsi untuk melancarkan aliran darah pada area gigitan. Ketika lintah mengisap darah, zat ini akan membantu menghambat pengentalan darah di sekitar bagian tubuh yang digigit ketika melakukan terapi lintah.
  5. Kolagen
    Zat yang biasa dijumpai pada produk-produk kecantikan wajah ini juga terdapat pada air liur lintah. Fungsinya adalah untuk mengendalikan dan merawat trombosit. Jika diaplikasikan pada wajah, zat ini mampu menghambat penuaan dini dan mencegah kerutan.

Manfaat Terapi Lintah untuk Kesehatan
Sebagai metode pengobatan, terapi lintah dipercaya dapat membawa banyak manfaat. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Mengatasi Hipertensi
    Air liur lintah mengandung zat yang mampu memperlancar sekaligus menyeimbangkan tekanan darah. Sebagai pengobatan hipertensi, terapi lintah dilakukan pada beberapa titik yang dapat langsung bekerja pada pembuluh vena.
  2. Mengobati Diabetes
    Pengidap diabetes selalu diintai oleh kematian jaringan, yang dapat berujung pada proses amputasi. Terapi lintah dipercaya mampu meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, sehingga risiko kematian jaringan pun berkurang.
  3. Mempercepat Penyembuhan Luka
    Zat bdellins yang terdapat pada air liur lintah dapat membantu mengatasi peradangan dalam tubuh, seperti peradangan saluran pencernaan, pankreatitis, dan hepatitis. Cara kerja lintah dalam penyembuhan luka atau peradangan ini adalah dengan menghisap darah, lalu mengeluarkan air liur yang mengandung senyawa peptide. Senyawa tersebut berfungsi untuk mengatasi pembekuan darah dan melancarkan peredaran darah.
  4. Menyembuhkan dan Menjaga Kesehatan Kulit
    Zat kolagen yang terkandung dalam air liur lintah dapat menjadi solusi untuk berbagai masalah kesehatan kulit. Terapi lintah pun kini banyak dilakukan pada banyak klinik kecantikan, karena dipercaya mampu mencegah penuaan dini dan kerutan pada wajah sehingga manfaat lintah untuk kecantikan memang benar-benar terasa.